Penulis : DR. H. RUDI AHMAD SURYADI, M. AG.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penyempurnaan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum Merdeka. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam kurikulum merdeka di Kelas 1 (Kelas Rendah). Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualtatif yaitu dengan cara mengumpulkan data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan dengan beberapa upaya sebagai berikut: (a) memperpanjang masa pengumpulan data, (b) melakukan observasi secara terus-menerus, (c) melakukan triangulasi, dan (d) melibatkan teman sejawat untuk berdiskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Sukamantri 2 berfokus pada pengembangan karakter, kompetensi peserta didik, serta untuk mengasah minat dan bakat anak. (2) dengan kurikulum Merdeka Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat mengarahkan siswa untuk lebih meningkatkan kompetensi pada bidang praktik ibadah dibandingkan teori. (3) terdapat beberapa hambatan dalam Mata Pelajaran Agama Islam menggunakan Kurikulum Merdeka diantaranya banyak siswa yang belum memahami kurikulum ini dikarenakan perubahan kurikulum ini dinilai sangat mendadak sehingga membutuhkan waktu untuk siswa beradaptasi.