[ Detail Jurnal ]

REFORMULASI EPISTEMOLOGI ISLAMI MENGENAI TUJUAN PE

Penulis : DR. H. RUDI AHMAD SURYADI, M. AG.

Tujuan merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan. Kajian mengenai tujuan terutama dalam konteks epistemologi tetap relevan dilakukan. Hal ini dapat didasarkan pada beberapa pertimbangan, yaitu: 1) tujuan pendidikan merupakan pedoman bagi pelaksanaan pendidikan dan memiliki nilai imperatif bagi komponen pendidikan lainnya; 2) Tujuan pendidikan diturunkan dari tujuan hidup manusia; 3) globalisasi, sekularisasi, modernisasi, rasionalisme, dan empirisisme mempengaruhi konsep pendidikan; 4) Krisis manusia modern; 5) Paradigma pendidikan yang anthroposentris; 6) Ambiguitas dan overlapping rumusan tujuan pendidikan. Dalam kaitan ini pernyataan tujuan tidak serta merta menyuguhkan klasifikasi, rumusan, dan bagian ranah kompetensi manusia, yang terkesan parsial. Kajian yang komprehensif mengenai tujuan pendidikan masih relevan untuk terus dilakukan. Dalam kaitan epistemologi Islami untuk pendidikan, penelaahan secara mendalam mengenai tujuan pendidikan yang komprehensif sesuai dengan konsep tujuan, peran, dan filsafat hidup manusia perlu digali kembali. Pemahaman dan penerapan piranti tafsir tarbawi dengan corak maudhu’i masih tetap penting dan relevan dalam alur perkembangan ilmu pendidikan.


Link Jurnal Nasional : http://jurnal.upi.edu/taklim/view/3609/REFORMULASI