[ Detail Jurnal ]

THE PROCESS OF CURRICULUM INNOVATION: DIMENSIONS,

Penulis : ASEP SUPRIYADI, S. PD. I., M. PD.

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan dimensi, inovasi, model, tahapan dan faktor yang mempengaruhi inovasi kurikulum. Kurikulum menjadi sangat penting di lembaga pendidikan karena merupakan "jantung" pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode library research, menggunakan analisis sintesis dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum adalah seperangkat alat untuk mencapai suatu tujuan, mulai dari perencanaan, implementasi hingga evaluasi. Inovasi atau pembaharuan kurikulum perlu dilakukan karena para praktisi pendidikan harus menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakat yang selalu berubah dan terus berkembang. Inovasi tampaknya menjawab isu-isu kritis dalam pendidikan. Ada dua model proses inovasi, yaitu model individu dan model organisasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses inovasi adalah visi-misi pendidikan, pertumbuhan penduduk, perkembangan ilmu pengetahuan, dan tuntutan pendidikan yang relevan. Inovasi harus dalam bentuk pemikiran yang orisinal dan kreatif.. Penerapan inovasi harus efisien, mudah digunakan dan menyediakan kenyamanan bagi siswa, guru, dan praktisi pendidikan


Link Jurnal Nasional : e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/v